Rabu, 10 Februari 2021

BAB VII CIRI KARAKTER GURU YANG DIDAMBAKAN

Guru itu mempunyai karakter dan ciri-ciri yang berbeda-beda. Untuk  mata pelajaran yang berbeda maka ciri dan karakter guru juga berbeda. Bagi peserta didik mempunyai guru yang didambakan menjadi sumber inspirasi untuk mengikutinya. Beberapa siswa mendambakan guru berdasarkan mata pelajaran. Ada yang mendambakan diajar pak Arya sebagai guru olahraga karena mereka menilai pelajaran olah raga lebih menyenangkan disbanding pelajaran lain seperti matematika yang banyak berpikir.

Namun secara umum peserta didik mendambakan gurunya karena didalam guru tersebut ada ciri dan karakter yang membuat peserta didik tersebut nyaman dan menyenangkan hati mereka. Beberapa cirri karakter guru yang didambakan tersebut adalah :

1.   Guru yang menguasai materi pelajaran

        Menjadi guru yang baik dan di dambakan peserta didik ternyata tidaklah sulit. Suatu saat saya pernah melihat beberapa peserta didik sedang mengerumuni gurunya. Peserta didik tersebut tampak antusias sekali  menanyakan beberapa tugas yang belum mendapatkan penyelesaian masalahnya. Kemudian tanpa rasa sungkan mereka saling bertukar pikiran mengobrol santai . Setiap pertanyaan dari siswa yang mengerumuni guru tersebut terjawab dengan baik.  Gurunya pun menanggapi dengan respon baik seperti layaknya mengobrol dengan teman sebaya. Sampai sudah tidak ada lagi yang mengajukan pertanyaan. Sungguh pemandangan yang sangat baik seperti ketika saya dulu menjadi di peserta didik . Ada seorang guru yang dengan serba bisa. Mengajar kami dengan sangat menguasai materi yang diajarkan.

      Dari gambaran di atas maka  yang membuat seorang guru didambakan dan dirindukan oleh peserta peserta didik karena guru tersebut menguasai materi pelajaran.  Bagaimana ilmu akan disampaikan kalau kita sebagai guru belum menguasai ilmu itu dahulu. Memang benar kita bukanlah satu-satunya sumber belajar peserta didik. Mereka bisa belajar dari sumber yang lain misalkan dari buku internet atau sumber yang relevan. Tatkala siswa sedang bertanya maka kita harus dapat menjawab apa yang menjadi pertanyaan siswa tersebut tanpa harus bolak-balik melihat buku. Dengan jawaban dari kita yang langsung dan membuat siswa paham maka siswa akan  menjadikan kita sebagai guru yang disukainya

Guru adalah orang tua di sekolah yang harus dipatuhi dihormati dan dihargai setiap tindak tanduknya. Seorang guru yang baik adalah inspirator bagi anak didiknya, memberi imajinasi dan mengajar benar-benar dari hatinya. Guru harus kompeten artinya kemampuannya melaksanakan pembelajaran dan memecahlan permaslahan peserta didik dapat diandalkan guna mencapai tujuan pendidikan. Seorang guru yang kompeten ditandai dengan keahliannya dibidang mata pelajaran yang diajarkan. Menjiwai profesi yang dimilikinya sebagai guru menguasai kompetensi pedagogic,kepribadian, profesional dan sosial

Apabila kita sebagai guru  berada di depan kelas maka yakinlah bahwa kita ini seorang yang mampu atau kompetensi yang menguasai materi pelajaran sehingga kita akan dipercaya oleh peserta didik. Maka sebelum mengajar kita harus mempersiapkan diri. Bukan masalah kita ini guru yang sudah lama mengajar sehingga semua materi sudah hafal sehingga mengabaikan persiapan mengajar.  Ilmu pengetahuan tidak pernah berhenti, maka kita juga harus sering mengupdate pengetahuan kita. Kita harus mempersiapkan diri dengan baik, baik dari segi administrasi seperti membuat persiapan mengajar (silabus,RPP dan program tahunan). Membuat dan mempersiapkan media pembelajaran dan persiapan dari segi edukatif seperti menguasai materi yang akan diajarkan, metode mengajar dan teknik pembelajaran.

Guru juga harus memiliki kemampuan untuk menata dan memilih materi pelajaran dan mengemasnya dalam cakupan yang dapat mudah dipahami oleh peserta didik. Pembelajaran akan menjadi menarik karena bersifat terarah apalagi dilengkapi dengan media pembelajaran yang menarik membuat peserta didik akan menyenangi pelajarannya dan nanti akan mendambakan sosok guru yang mengajarkannya. Cara penyampainnya juga jangan berbelit-belit, lugas dan banyak melibatkan peserta didik.

Selain menguasai materi mengajar guru yang didambakan peserta didik juga memiliki penguasaan tentang teori dan ketrampilan mengajar. Seorang guru harus mampu menjelaskan materi sehingga mudah dipahami. Guru yang pandai namun tidak bisa menjelaskan atau mentransfer ilmunya kepada peserta didik itu sangat disayangkan. Maka guru yang mempunyai teknik menjelaskan ini sangat dibutuhkan. Guru juga harus memiliki ketrampilan member penguatan. Saat peserta didik sudah serius dan nampak ada nilai positif yang ada pada tingkah lakunya maka ketrampilan memberikan penguatan ini sangat diharapkan sehingga akan menambah motivasi siswa.

Penguatan bisa diberikan dalam bentuk verbal seperti kata-kata pujian dan non verbal seperti gerakan mendekat,mimikdan gerakan badan,sentuhan dan lain-lain yang dapat menyenangkan peserta didik. Seorang guru juga harus mampu menguasai ketrampilan bertanya dengan baik. Sehingga pesrta didik dapat diukur sudah memahami materi pelajaran atau belum.Selain itu ada timbale balik antara guru dan peserta didik. Hal ini membuat  pembelajaran tidak membosankan. 

Guru juga harus punya metode mengajar yang bervariasi sehingga peserta didik tidak akan jenuh dengan materi yang diajarkan oleh seorang guru. Hari ini metode ceramah, mungkin mingu depan metode diskusi atau yang lain. Kalau guru sudah bisa menerapkan hal yang demikian tersebut yakinlah kita sebagai guru akan disenangi oleh peserta didik dan dirindukan kedatangannya


 
 

Lomba Blog Bulan Februari

Menulis Blog Jadi Buku

Tulisan hari ke 10 

Penulis Agung Pramono 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAKEKAT GURU

HAKEKAT GURU Pengertian guru menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti orang yang mengajar. Jika profesinya mengajar baik di seko...