Kamis, 08 Agustus 2019

MASALAH OTOMOTIF

Sebuah kendaraan saat berjalan, perpindahan giginya susah. Jelaskan penyebab susahnya pindah gigi tersebut ?

21 komentar:

  1. Kurang pas saat menginjak kopling saat berpindah gigi.

    -Wira Ardana

    BalasHapus
  2. Rusaknya komponen dekrup


    -Albiansyah R

    BalasHapus
  3. Karna transmisi seret akibat kekurangan oli transmisi.


    -Salman .A.
    -Wachid .S.
    -Firhan .Y.
    -Ilhan .F.

    BalasHapus
  4. baut penyetel spelling jaraknya renggang
    -Christoper

    BalasHapus
  5. Rusaknya plat kopling


    -alvi catur Pamungkas

    BalasHapus
  6. Kurangnya oli pada trasmisi yg membuat gearbox menjadi selip dan kopling yang mulai aus

    BalasHapus
  7. 1.Mur-baut penyetel speling (jarak renggang) tuas persneling.
    Bila disetel terlalu sempit, perpindahan gigi memang empuk, namun akselerasi agak lamban. Sebaliknya, terlalu renggang bikin pindah gigi sulit. Pasalnya, ketika kerenggangan kampas belum maksimal, tapi tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi. Akibatnya timbul entakan. Idealnya, menurut Waluyo, jarak kerenggangan sekitar 3 mm.

    2. Cek arm pendorong kopling
    Jika bola penekan arm otomatis dan alurnya sudah mulai rusak, biasanya persneling susah dipindahkan meski mur-baut speling sudah disetel.

    3. Pelat kopling
    Jika dengan arm pendorong tidak ada masalah, cek pelat kopling. Bila komponen ini sudah melengkung, posisi kerenggangan kampas koplingt jadi nggak maksimal. Alhasil, girboks yang masih berputar akan mempersulit tangkai pemindah menggeser drum pemindah gigi.

    Untuk mengetahui kalau pelat sudah melengkung, dikasih tahu oleh Waluyo bisa lihat tekanan balik kampas dengan pelat yang di rumah kopling. Cara lain, kampas bisa diletakkan di atas kaca. Bila sudah belengkung sebaiknya diganti.(KR15)


    -Michael Thomson

    BalasHapus
  8. 1.Mur-baut penyetel speling (jarak renggang) tuas persneling.
    Bila disetel terlalu sempit, perpindahan gigi memang empuk, namun akselerasi agak lamban. Sebaliknya, terlalu renggang bikin pindah gigi sulit. Pasalnya, ketika kerenggangan kampas belum maksimal, tapi tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi. Akibatnya timbul entakan. Idealnya, menurut Waluyo, jarak kerenggangan sekitar 3 mm.

    2. Cek arm pendorong kopling
    Jika bola penekan arm otomatis dan alurnya sudah mulai rusak, biasanya persneling susah dipindahkan meski mur-baut speling sudah disetel.

    3. Pelat kopling
    Jika dengan arm pendorong tidak ada masalah, cek pelat kopling. Bila komponen ini sudah melengkung, posisi kerenggangan kampas koplingt jadi nggak maksimal. Alhasil, girboks yang masih berputar akan mempersulit tangkai pemindah menggeser drum pemindah gigi.

    Untuk mengetahui kalau pelat sudah melengkung, dikasih tahu oleh Waluyo bisa lihat tekanan balik kampas dengan pelat yang di rumah kopling. Cara lain, kampas bisa diletakkan di atas kaca. Bila sudah belengkung sebaiknya

    -NANDA DWI CAHYO

    BalasHapus
  9. Rusak nya komponen dekrup karena termakan usia
    - willie Wijaya Ari rahman

    BalasHapus
  10. Kemungkinan rusaknya komponen Dekrup karena usia pakai/ oli bagian transmisi sudah kering

    #MBintangS

    BalasHapus
  11. rusaknya komponen Dekrup karena usia pakai. Hal lain karena penggunaan merek/produk yang tidak orisinil sehingga tidak tahan lama.

    -Muhammad Tegar

    BalasHapus
  12. Mur-baut penyetel speling (jarak renggang) tuas persneling.
    Bila disetel terlalu sempit, perpindahan gigi memang empuk, namun akselerasi agak lamban. Sebaliknya, terlalu renggang bikin pindah gigi sulit. Pasalnya, ketika kerenggangan kampas belum maksimal, tapi tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi. Akibatnya timbul entakan. Idealnya, menurut Waluyo, jarak kerenggangan sekitar 3 mm.

    -afrilia

    BalasHapus
  13. Tidak berfungsinya cluth cover
    -andrian

    BalasHapus
  14. 1. Adanya kebocoran pada fluida master kopling
    2. Kabel kopling macet / keras
    3. Master kopling mengalami kebocoran
    4. Roda sincromes atau shyncronizer sudah aus

    *Ade Rizki

    BalasHapus
  15. Tuas pemindah gigi lepas atau jebol/kekeringan oli transmisi

    -Febrian Adiputra

    BalasHapus
  16. Oli transmisi kurang

    BalasHapus
  17. SYNCHROMESH RING DALAM TRANSMISI SUDAH AUS
    -m.ardiansyah

    BalasHapus
  18. Penyebab gigi macet saat dipindahkan yang pertama ialah baut penyetel spelling jaraknya renggang. Apabila anda menyetel nya terlalu sempit, pada saat anda akan melakukan perpindahan gigi memang akan terasa empuk, namun akselerasinya agak lamban. cara kerja kopling mekanik memang wajib anda pahami agar memudahkan anda saat berkendara.

    *Faiza

    BalasHapus
  19. 1. Mur atau baut penyetel spelling (jaraknya renggang) tuas persneling
    2. Pendorong kopling bermasalah
    3. Pelat kopling yang sudah melengkung
    4. Tuas pemindah gigi lepas atau jebol
    5. Oli pada bagian transmisi kering


    ~Nabila.o

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

HAKEKAT GURU

HAKEKAT GURU Pengertian guru menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti orang yang mengajar. Jika profesinya mengajar baik di seko...