Kamis, 08 Agustus 2019

7 TUGAS DAN KEWAJIBAN GURU


7  TUGAS DAN KEWAJIBAN GURU

Seorang guru mempunyai 7 tugas dan kewajiban guru di antaranya :
1.   Menanamkan akidah yang benar dan memantapkan kualitas iman siswa pada saat proses belajar mengajar.
Sedikit sekali guru memahami metode ini yaitu memantapkan kualitas akidah pada diri siswa saat mengajar materi-materi pelajaran alam, materi geografi, astronomi dan yang semisalnya.Cara ini secara umum dapat menguatkan kualitas iman siswa sehingga melahirkan generasi yang kuat akidahnya dan erat hubungannya dengan pencipta-Nya.

2.   Memberikan nasihat kepada anak didik.
Guru adalah pemberi arahan, pendidik, penasihat dan bapak. Guru harus mencurahkan segala kemampuan untuk memperbaiki yang salah, meluruskan yang bengkok, membersihkan akhlak dan membenarkan pemikiran.Dan kesemuanya bermuara pada pemberian nasihat. Mengarahkan anak dengan arahan yang benar akan menuntunnya kepada apa yang berguna baginya.

3.   Lembut kepada anak didik dan mengajarnya dengan metode yang bagus.
Guru harus lembut yaitu lembut perkataan dan perbuatan serta mengambil yang paling mudah dan ringan serta mempraktikkannya kepada anak didiknya.

4.   Tidak menyebutkan nama secara langsung ketika memberikan teguran.
Menjelaskan kesalahan bukan bermaksud menjelekkan pelaku kesalahan tersebut melainkan sebagai peringatan dan penjelasan terhadap kelakuan dan ucapan buruk dan agar orang tidak terjerumus ke dalamnya tanpa menyebutkan langsung nama orang yang bersalah.

5.   Memberi salam kepada anak didik sebelum dan setelah pelajaran.
Salam adalah faktor meraih ampunan dan memperbanyak amal kebajikan.Salam adalah faktor memasyarakatkan rasa saling cinta diantara guru dan anak didiknya.

6.   Menerapkan sistem sanksi pada saat mengajar.
Guru harus bersepakat atas wajibnya menghukum siswa yang bersalah dan memberinya sanksi ketika perbuatan salahnya terulang.

7.   Memberikan penghargaan kepada anak didik.
Penghargaan dengan berbagai bentuknya memiliki peran menyihir di dalam memikat hati, memperbaharui semangat, mendorong keinginan menambah ilmu dan pengaruh -pengaruh positif lainnya.

Sumber Buku Begini  Seharusnya Menjadi Guru ( Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah ).
Penulis : Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub (Penterjemah Jamalludin,Lc)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAKEKAT GURU

HAKEKAT GURU Pengertian guru menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti orang yang mengajar. Jika profesinya mengajar baik di seko...