Senin, 05 Agustus 2019

11 KARAKTER SEORANG PENGAJAR

Karakter-karakter yang harus dimiliki seorang pengajar. (1)

1.Mengikhlaskan ilmu untuk Alloh.
  Berapa banyak ilmu yang bermanfaat dan amalan-amalan yang mulia namun pemiliknya tidak mendapatkan bagian sedikitpun dan hilang bersama hembusan angin bagaikan debu yang beterbangan, karena pemiliknya tidak mengikhlaskan ilmu dan amal mereka di jalan Alloh, tetapi karena kehormatan dan kedudukan  di dunia, seperti sanjungan, pujian dan sejenisnya.

2.Jujur
  Sifat jujur adalah mahkota diatas kepala seorang guru pengajar.Jika sifat itu hilang  darinya,  maka dia akan kehilangan kepercayaan manusia akan ilmunya dan pengetahuan-pengetahuan yang disampaikan kepada mereka.

3.Serasi antara ucapan dan perbuatan.
  Wajib bagi para pendidik agar takut pada Alloh, karena anak didik adalah amanah yang dipikulkan dipundaknya. Hendaknya mereka berjuang keras dalam mengajarkan  apa yang bermanfaat buat anak didiknya serta menserasikan antara ucapan dengan tindakan yang nyata, karena hal ini akan memperkokoh ilmu yang mereka ajarkan.

4.Bersikap adil dan tidak berat sebelah.
  Para pengajar akan dihadapkan dengan banyak permasalahan dari para anak didiknya.Sikap adil  akan ditekankan ketika  mengoreksi dan memberikan nilai.Tidak ada tempat untuk mengasihi seorang pun atau mengutamakan nya atas yang lain, baik dengan alasan kerabat atau perkara apapun.

5.Berakhlak mulia dan terpuji.
  Selayaknya para pendidik dan pengajar mempunyai akhlak mulia dan adab tinggi dan merupakan media paling sukses didalam mengajar dan mendidik.

6.Tawadhu (rendah hati)
  Tawadhu' adalah satu sebab dalam menghilangkan adanya jarak antara guru dan anak didiknya. Sesuai dengan dekatnya siswa dengan gurunya, siswa akan memperoleh ilmu dalam  bentuk yang lebih baik dan sikap tawadhu akan mewujudkannya.

7.Pemberani
  Seorang pengajar harus berani mengatakan dan mengakui kesalahan  dan kekurangan manusiawi. Adapun pengelabuan, rasa takut, dan berusaha mengelak bukanlah sifat terpuji dari seorang guru.

8.Bercanda  bersama anak didiknya.
  Seharusnya guru menyelipkan candaan di sela- sela pelajaran demi menghilangkan rasa bosan dan jemu yang menyelimuti suasana kelas akibat tumpukan materi pelajaran yang disuguhkan. Canda di sini adalah bersenda gurau dengan orang lain tanpa mencela dan menghinanya.

9.Sabar dan menahan emosi
  Dalam pengajaran guru berkomunikasi dengan individu-individu yang memiliki watak dan pemikiran yang berbeda-beda.Dalam pengajaran tsb mungkin ada yang tidak berkenan di hati guru, maka guru harus punya sifat sabar dan harus menahan emosi akibat ulah iseng anak didiknya.

10.Menghindar dari perkataan keji yang tidak pantas.
   Berkata keji, mencaci, dan merendahkan orang lain  merupakan sifat -sifat tercela yang harus dihindari oleh seorang guru. Seorang guru harus menjadi teladan bagi anak didiknya oleh karena itu tabiat yang jelek, mengejek , mencaci maki dan berkata sia-sia harus benar-benar dihindari.

11.Berkonsultasi dengan orang lain.
   Guru kadang dihadapkan pada masalah-masalah berpolemik dan perkara-perkara rumit yang membingungkan dan tidak menemukan penyelesaian dan solusinya. Oleh karena itu guru perlu berkonsultasi (bermusyawarah) dengan guru lain yang memang menguasai ilmunya.

1 komentar:

HAKEKAT GURU

HAKEKAT GURU Pengertian guru menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti orang yang mengajar. Jika profesinya mengajar baik di seko...