Selasa, 14 April 2020

Menulis Buku dalam Seminggu dari Seminar Virtual di Youtube

Menulis Buku dalam Seminggu dari Seminar Virtual di Youtube
Resume materi dari Prof. Eko Indrajit
Kepala Smart Learning & Character Center
Pengurus  Besar PGRI

Prof. Eko Indrajit memulai cerita tentang menulis buku. Kisahnya diawali ketika pandemi virus COVID-19 atau virus Corona terjadi, semua harus berkarya dan bekerja dari rumah. dan yang terpenting harus menjaga stamina tubuh agar tidak turun, sehingga tidak mudah terserang oleh virus ini. 

Prof Eko Indrajit menceritakan kehidupan masa kecil, bahwa mengajar adalah bagian dari hidupnya. Dia sudah mengajar semenjak di sekolah dasar, waktu itu beliau besar di kota terpencil Dumai di Riau. Mengajar sudah menjadi hobbynya dari kecil. sehingga tidak ada hari tanpa mengajar. Waktu kecil mengajar macam-macam, mulai dari mengajar sandi-sandi pramuka, cara main sulap kartu, membuat perangkat elektronik, dan lain sebagainya. 

Akhirnya perjalanannya menjadi dosen sekaligus konsultan seperti sekarang ini. Mengajar dan berbagai ilmu serta pengalaman sudah menjadi DNA dalam tubuh saya. Pada saat covid lagi mewabah ini, Prof.Eko Indrajit tidak bisa lagi mengajar secara langsung tatap muka. Kalau tidak mengajar, stamina menurun, kalau stamina menurun, bisa tertular virus. Maka pada hari ke 5 lockdown di rumah, Dia putuskan untuk mengajar via streaming YouTube. Dia tidak perduli ada atau tidak ada yang nonton, yang penting baginya mengajar agar semangat. maka dibuatlah EKOJI CHANNEL di YouTube. 

Pada tanggal 20 Maret 2020 kegiatan dimulai. Banyak yang mengikuti seminar virtualnya gratis, nah kalau mau pesan e-sertifikat, dikenakan biaya tambahan Rp.10.000,- untuk membayar teman2 yang membantu administrasi. Tak disangka oleh Prof Eko Indrajit ketika seminar pertama tersebut yang ikut 600 orang - dan hingga saat ini yang menonton youtubenya sudah 6,000 orang untuk tema pertama yang namanya DIGITAL MINDSET. Llebih terkejut lagi, untuk satu seminar tersebut, yang pesan sertifikat 1,116 orang. Luar biasa tiba-tiba dapat 11 juta dalam sehari.

Akhirnya mulai tanggal 24 Maret 2020 sampai sekarang, setiap hari jam 8 pagi saya melakukan seminar 1-2 jam di Youtube Streaming untuk siapa saja yang tertarik. Ide mengeluarkan sertifikat dipembelajaran live youtube streaming diawali  ide sederhana. setiap dosen kan harus membuat laporan untuk kenaikan jabatan akademik. Biasanya mereka harus mengikuti seminar dengan bukti sertifikat. Nah dengan adanya pandemi ini, semua seminar dibatalkan. artinya ada dua yang rugi mereka tidak bisa mendapatkan sertifikat (yang artinya akan kesulitan naik jabatan akademik), dan Prof Eko Indrajit kehilangan pemasukan. Karena pemasukannya 70 persen dari seminar, workshop, lokakarya, konsultasi dsb. 

Semua orang yang ikut live streaming youtube  itu ternyata 80 persen adalah mereka yang pernah membeli buku-buku yang dia tulis semenjak tahun 1998. Prof. Eko Indrajit menulis buku  dulu disuruh mahasiswa, Karena ada krisis ekonomi 1998, sehingga mahasiswa S2 tidak sanggup membeli buku dalam mata uang dolar. Akhirnya buku Prof.Eko Indrajit yang pertama terbit adalah RINGKASAN dari 50 buku bahasa Inggris yang dia pinjam di perpustakaan. Untuk meringankan beban mahasiswa yang diajar. Judulnya adalah Manajemen Sistem dan Teknologi Informasi. Diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

Ternyata buku itu jadi best seller. Akhirnya yang dulu ketagihan mengajar, menjadi ketagihan menulis. Dia dulu spesialis menulis bunga rampai. Setiap ada satu diagram yang menarik perhatiannya  maka akan dijelaskan dalam satu halaman secara ringkas sebelum tidur menulis satu halaman, seperti Oom Jay sekarang menulis blog. Artinya dalam tiga bulan ada sekitar 100 halaman. sehingga buku bisa diterbitkan. Sekarang Prof. Eko Indrajit sudah menulis lebih dari 75 buku yang diterbitkan, dan ratusan artikel. di era millennium. Kebanyakan buku dan tulisannya dibagikan secara gratis. Dengan menulis Prof Eko Indrajit sudah keliling Indonesia, bahkan sudah keliling dunia. Sekarang selain menulis ada kegiatan lain sebagai youtuber yang menjanjikan.


Sumber Inspirasi : Materi Belajar Menulis bersama Om Jay
Pada Hari Senin, 13 April 2020.

4 komentar:

  1. Sip. Semoga kita bisa melalukannya

    BalasHapus
  2. Mantap pak resumenya,bagus srkali,rangkaian kalimatnya bagus.koreksi resumeku juga ya hehr

    BalasHapus

HAKEKAT GURU

HAKEKAT GURU Pengertian guru menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti orang yang mengajar. Jika profesinya mengajar baik di seko...