Rabu, 15 April 2020

GURU YANG MENGAJAR DENGAN IKHLAS


Guru yang mengajar dengan ikhlas
Pak Budi mengajar hari ini tetap semangat walau hujan turun. Dia bekerja seperti hari-hari sebelumnya saat tidak turun hujan. Dia selalu konsisten, walau kepala sekolahnya hari ini lagi tugas luar. Pak Budi tidak memperdulikan, tetap mengajar dan tidak terlambat. Dalam mengajar pak Budi selalu dengan senyuman saat menyapa peserta didiknya. Tak pernah marah dan memberikan pelayanan mengajar dengan maksimal sesuai apa yang diinginkan oleh peserta didiknya. Itulah gambaran guru mengajar dengan ikhlas.
Seorang guru harus ikhlas dalam memberikan materi pelajaran kepada peserta didiknya  sepanjang waktu. Demikian pula tempat pendidikannya tidak terbatas pada ruang kelas saja, dimanapun seorang guru berada.,dimanapun seorang guru berada dia harus sanggup menjadi seorang guru sejati. Keikhlasan ini wajib dimiliki oleh seorang guru. Ikhlas diidentikkan dengan rasa sepenuh hati untuk melakukan sesuatu tanpa mengharapkan sesuatu tanpa mengharapkan apapun Seorang guru yang didambakan peserta didik yaitu mengharapkan ridha Allah ta’ala sebagai sikap taat dan mendekatkan diri kepada-Nya dengan setiap perbuatan yang dilakukannya sehingga memiliki niat yang baik tidak mengharapkan pujian , penghargaan, penghormatan dan ketenaran. Namun demikian diperbolehkan dan dihalalkan bagi guru menerima upah dari apa yang dikerjakan namun dengan tetap mensyukuri atas apa yang diterima. Seorang guru yang bekerja ikhlas akan disiplin saat waktunya mengajar dan tetap konsisten melaksanakan tugasnya walau tidak dilihat atau disupervisi oleh kepala sekolahnya. Guru akan rela mengorbankan waktu, tenaga dan perhatiannya jauh dari ukuran yang diminta, bahkan guru akan sekuat tenaga untuk mengembangkan dirinya menambah ilmu pengetahuannya dalam rangka untuk kepentingan anak didiknya.
Menjadi guru harus memiliki niat yang tulus ikhlas hanya karena Allah SWT semata. Kalau tidak dilandasi dengan keikhlasan maka pekerjaannya hanya sebatas mendapat upah atau gaju tak ada imbalan selain itu. Namun apabila ikhlas maka akan mendapat dua imbalan yaitu imbalan dunia dan imbalan akhirat. Ikhlas dalam menjalankan pekerjaannya sebagai guru akan melayani maksimal apa yang dibutuhkan dan yang diinginkan oleh peserta didik. Guru akan rela membantu peserta didik tanpa memperdulikan nanti dapat imbalan tambahan atau tidak, tidak memperdulikan kepala sekolah melihat atau tidak, guru tetap bekerja yang terbaik.
Bagaimana menjadi guru yang ikhlas dalam mengajar, resepnya sederhana. Hendaknya ditanamkan dalam diri bahwa mengajar bukan mencari keuntungan. Upah atau gaji dan mungkin tunjangan kesejahteraan alain itu hanya penghargaan karena mengajar. Semakin guru bekerja ikhlas semakin totalitas dalam mengajar maka insya Allah besar pula penghargaan yang diterimanya. Peserta didik pun akan senang apabila gurunya mengajar dengan serius dan melayani dengan maksimal. Dalam mengajar tidak ada guru yang mengajar seenaknya sendiri. Guru mengajar dengan suara yang mengenakkan peserta didik, tidak mudah marah dan tidak tegang. Dengan demikian guru tersebut akan membuat peserta didik betah dan nyaman saat diberikan materi pelajaran oleh gurunya.
Ada beberapa ciri keikhlasan seorang guru,pertama guru berbuat baik bukan karena ingin dipuji, hendak mencari nama atau popularitas. Dipuji, dihargai atau bahkan dibenci sama saja bagi guru yang bekerja ikhlas. Yang penting ridha Allah SWT. Kedua ikhlas itu tanpa pamrih. Dalam mengajar tidak mengharapkan untuk mendapatkan imbalan tambahan selain yang sudah menjadi haknya. Guru yang ikhlas yakin bahwa setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang diembannya. Maka dia tidak sombong saat mendapatkan kedudukan dan tidak akan rendah diri apabila tak punya posisi atau jabatan. Ketiga guru ikhlas konsisten berbuat baik dan memiliki perasaan nikma dalam berbuat kebaikan. Guru akan sibuk dengan peserta didiknya dalam menebar kebaikan meskipun membutuhkan pengorbanan harta, pikiran dan tenaga.
Ikhlas adalah sifat yang baik yang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan. Disiplin tidak terlambat, disiplin masuk kelas saat dilihat atau diperhatikan oleh orang lain atau kepala sekolah maka akan tetap disiplin tidak terlambat, disiplin masuk kelas  walau tidak dilihat oleh orang lain atau kepala sekolah. Bersemangat saat member tugas dan semangat juga untuk belajar mengembangkan diri. Kalau kita sebagai guru melaksanakan apa yang sudah diuraikan diatas maka keberadaan kita dikelas pasti akan dinantikan oleh peserta didik. Kita menjadi guru yang didambakan karena karakter kita bekerja dengan ikhlas ternyata mengakibatkan kita bekerja dengan maksimal. Peserta didik mencari guru yang benar-benar siap saat dibutuhkan, member solusi saat peserta didik mempunyai masalah.

Selasa, 14 April 2020

Menulis Buku dalam Seminggu dari Seminar Virtual di Youtube

Menulis Buku dalam Seminggu dari Seminar Virtual di Youtube
Resume materi dari Prof. Eko Indrajit
Kepala Smart Learning & Character Center
Pengurus  Besar PGRI

Prof. Eko Indrajit memulai cerita tentang menulis buku. Kisahnya diawali ketika pandemi virus COVID-19 atau virus Corona terjadi, semua harus berkarya dan bekerja dari rumah. dan yang terpenting harus menjaga stamina tubuh agar tidak turun, sehingga tidak mudah terserang oleh virus ini. 

Prof Eko Indrajit menceritakan kehidupan masa kecil, bahwa mengajar adalah bagian dari hidupnya. Dia sudah mengajar semenjak di sekolah dasar, waktu itu beliau besar di kota terpencil Dumai di Riau. Mengajar sudah menjadi hobbynya dari kecil. sehingga tidak ada hari tanpa mengajar. Waktu kecil mengajar macam-macam, mulai dari mengajar sandi-sandi pramuka, cara main sulap kartu, membuat perangkat elektronik, dan lain sebagainya. 

Akhirnya perjalanannya menjadi dosen sekaligus konsultan seperti sekarang ini. Mengajar dan berbagai ilmu serta pengalaman sudah menjadi DNA dalam tubuh saya. Pada saat covid lagi mewabah ini, Prof.Eko Indrajit tidak bisa lagi mengajar secara langsung tatap muka. Kalau tidak mengajar, stamina menurun, kalau stamina menurun, bisa tertular virus. Maka pada hari ke 5 lockdown di rumah, Dia putuskan untuk mengajar via streaming YouTube. Dia tidak perduli ada atau tidak ada yang nonton, yang penting baginya mengajar agar semangat. maka dibuatlah EKOJI CHANNEL di YouTube. 

Pada tanggal 20 Maret 2020 kegiatan dimulai. Banyak yang mengikuti seminar virtualnya gratis, nah kalau mau pesan e-sertifikat, dikenakan biaya tambahan Rp.10.000,- untuk membayar teman2 yang membantu administrasi. Tak disangka oleh Prof Eko Indrajit ketika seminar pertama tersebut yang ikut 600 orang - dan hingga saat ini yang menonton youtubenya sudah 6,000 orang untuk tema pertama yang namanya DIGITAL MINDSET. Llebih terkejut lagi, untuk satu seminar tersebut, yang pesan sertifikat 1,116 orang. Luar biasa tiba-tiba dapat 11 juta dalam sehari.

Akhirnya mulai tanggal 24 Maret 2020 sampai sekarang, setiap hari jam 8 pagi saya melakukan seminar 1-2 jam di Youtube Streaming untuk siapa saja yang tertarik. Ide mengeluarkan sertifikat dipembelajaran live youtube streaming diawali  ide sederhana. setiap dosen kan harus membuat laporan untuk kenaikan jabatan akademik. Biasanya mereka harus mengikuti seminar dengan bukti sertifikat. Nah dengan adanya pandemi ini, semua seminar dibatalkan. artinya ada dua yang rugi mereka tidak bisa mendapatkan sertifikat (yang artinya akan kesulitan naik jabatan akademik), dan Prof Eko Indrajit kehilangan pemasukan. Karena pemasukannya 70 persen dari seminar, workshop, lokakarya, konsultasi dsb. 

Semua orang yang ikut live streaming youtube  itu ternyata 80 persen adalah mereka yang pernah membeli buku-buku yang dia tulis semenjak tahun 1998. Prof. Eko Indrajit menulis buku  dulu disuruh mahasiswa, Karena ada krisis ekonomi 1998, sehingga mahasiswa S2 tidak sanggup membeli buku dalam mata uang dolar. Akhirnya buku Prof.Eko Indrajit yang pertama terbit adalah RINGKASAN dari 50 buku bahasa Inggris yang dia pinjam di perpustakaan. Untuk meringankan beban mahasiswa yang diajar. Judulnya adalah Manajemen Sistem dan Teknologi Informasi. Diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

Ternyata buku itu jadi best seller. Akhirnya yang dulu ketagihan mengajar, menjadi ketagihan menulis. Dia dulu spesialis menulis bunga rampai. Setiap ada satu diagram yang menarik perhatiannya  maka akan dijelaskan dalam satu halaman secara ringkas sebelum tidur menulis satu halaman, seperti Oom Jay sekarang menulis blog. Artinya dalam tiga bulan ada sekitar 100 halaman. sehingga buku bisa diterbitkan. Sekarang Prof. Eko Indrajit sudah menulis lebih dari 75 buku yang diterbitkan, dan ratusan artikel. di era millennium. Kebanyakan buku dan tulisannya dibagikan secara gratis. Dengan menulis Prof Eko Indrajit sudah keliling Indonesia, bahkan sudah keliling dunia. Sekarang selain menulis ada kegiatan lain sebagai youtuber yang menjanjikan.


Sumber Inspirasi : Materi Belajar Menulis bersama Om Jay
Pada Hari Senin, 13 April 2020.

Sabtu, 11 April 2020

Guru yang mempunyai komitmen tinggi

Guru yang mempunyai komitmen tinggi

Guru yang mempunyai komitmen tinggi  bisa dilihat dari contoh kisah ibu  Muslimah dalam novel Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata. Ibu Muslimah tetap semangat menunaikan tugasnya memberikan ilmu, nasehat, dan pencerahan kepada murid-muridnya meski dalam novel itu diceritakan gaji yang harus diterima setiap 2 bulan sekali. Ibu Muslimah tetap berkomitmen mengajar meski sekolah tempatnya mengajar amat memprihatinkan kondisinya. Gaji bukan penghalang dan kondisi sekolah bukan menjadi rintangan kalau memang dalam diri pendidik itu telah ada komitmen yang tinggi jadi tetap melaksanakan tugasnya dan bertanggung jawab atas amanah yang diemban.

Ki Hajar Dewantara adalah tipe pendidik yang komitmen terhadap tugasnya. Dia tak mempermasalahkan gaji besar, pangkat atau kedudukan. Ki Hajar Dewantara rela mengorbankan harta yang dimiliki agar anak-anak Indonesia bisa mengenyam pendidikan, tidak lagi bodoh dan tertinggal. Dia rela juga diancam bahkan di penjara ketika di Hajar Dewantara mengembangkan misi mulia dalam hal pendidikan tersebut pada zaman itu

Guru yang komitmen yaitu guru yang mempunyai tekad yang mengikat dan melekat untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab kepada peserta didik. Guru yang merasa terlibat aktif dengan penuh rasa tanggungjawab. Jika seorang guru sudah memiliki komitmen yang tinggi maka yang bersangkutan akan memiliki tanggung jawab atas amanah yang diembannya sebagai seorang guru, menjalankan tugasnya dengan aktif, kreatif dan inovatif.

Komitmen  menjalankan tugas dinyatakan sebagai salah satu kemampuan yang digunakan untuk mengukur kinerja guru. Adapun komitmen dapat diraih melalui beberapa aktivitas yaitu membangun arti dan penting tugas yang menjadi tanggungjawab, menyederhanakan berbagai tugas yang rumit dan berorientasi terhadap penyelesaian tugas. Tugas guru salah satunya adalah mengarahkan dan membimbing kegiatan belajar siswa sehingga siswa mau belajar. Agar siswa mau belajar dengan aktif dalam kegiatan pembelajaran maka guru dapat mengarahkan dan membimbing kegiatan belajar tersebut. Tugas tersebut dapat terwujud apabila dalam diri guru ada dorongan dan komitmen untuk melakukannya. Guru harus berperan dengan mengkomunikasikan materi belajar dengan cara yang disenangi peserta didiknya.

Seorang guru yang memiliki komitmen tinggi akan memiliki kepedulian atas tugasnya, memiliki kepedulian atas kebutuhan siswa, teman sejawat dan atasan langsung. Guru merasa terpanggil untuk melaksanakan tugasnya karena adanya tanggungjawab terhadap bangsa dan Negara. Guru harus menyediakan waktu yang cukup untuk mendidik peserta didik. Kapan peserta didik membutuhkan pengajaran dari guru maka guru harus rela menyediakan waktunya untuk keperluan peserta didik tersebut.Guru juga harus menyiapkan waktu untuk melaksanakan tugas yang berkaitan dengan pembelajaran seperti perancangan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran dan senantiasa berfikir untuk meningkatkan keaktifan siswa

Guru harus mempunyai komitmen terhadap sekolah dengan sukarela menciptakan iklim sekolah yang kondusif dan berusaha mewujudkan tanggungjawab dan peranan sekolah dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan. Guru juga harus senantiasa merespon perubahan-perubahan pengetahuan baru dan terkini terutama ide-ide baru sehingga pembelajaran bermutu.

Guru yang komitmen seperti yang diuraikan diatas akan sangan didambakan oleh peserta didik apabila saat peserta didik lagi malas, guru bisa memberikan arahan sehingga peserta didik dapat bersemangat lagi. Saat peserta didik membutuhkan arahan dan bimbingan guru harus selalu ada untuk membantu kesulitan peserta didik. Saat peserta didik ingin jam tambahan belajar, karena guru sudah berkomitmen maka guru akan menyediakan waktunya untuk memberikan tambahan pelajaran kepada peserta didik tersebut. Contoh-contoh tersebut kalau saja guru bisa melakukan dengan rasa tanggung jawab maka secara alamiah kita bisa menjadi guru yang didambakan oleh peserta didik. Guru yang selalu dinanti kedatangannya untuk membantu peserta didik

Rabu, 08 April 2020

Guru yang menjadi teladan


Guru yang menjadi teladan

Pak Ali seorang guru agama islam. Dalam mengajar pak Ali sangat didambakan oleh peserta didik, karena apa yang diajarkan oleh pak Ali langsung diberikan contohnya. Keteladanan dari pak Ali sangat dirasakan oleh peserta didik, karena antara perkataan dan perbuatan pak Ali memang selaras. Seperti siang itu pak Ali memberikan contoh kepada peserta didik agar membiasakan diri untuk berwudhu sebelum membaca al-quran. Dengan mengajak dan mengajarkan tata cara berwudhu kepada peserta didik. Kemudian mengajak mereka sholat berjamah, berdoa sesudah sholat dan menumbuhkan rasa persaudaraan. Demikian contoh sekilas guru yang menjadi teladan.

Kata Ki Hajar Dewantara guru itu digugu dan ditiru itu artinya segenap tindak-tanduknya akan senantiasa menjadi panutan bagi peserta didik maupun orang-orang disekelilingnya. Guru harus tampil sebagai teladan dengan kepribadian yang baik, perilaku yang mulia dan keluhuran. Tingkah laku guru harus mencerminkan kebaikan sementara kata-katanya jauh dari hal-hal yang sia-sia. Guru harus menampilkan sesuatu yang dikagumi peserta didik. Guru harus menjadi figure yang dicontoh bagi peserta didik. Berbuat sesuai yang dikatakan, bertingkah polah sopan, santun dan bijaksana serta menyenangkan orang-orang disekelilingnya.

Teladan sesungguhnya memiliki makna suatu dari proses mengajar hubungan dan interaksi selama proses pendidikan yang kemudian pada hari ini atau masa depan peserta didik menjadi contoh yang selalu ditiru dan diikuti. Dalam sebuah proses belajar sadar atau tidak sadar maka perilaku seorang guru akan menjadi penyampaian pesan paling efektif dan pengaruhnya sangat besar terhadap peserta didik. Perilaku inilah yang akan menjadi teladan bagi kehidupan sosial peserta didik. Jika kita meneladani motivasi ajaran pendidikan Ki Hajar Dewantara maka seorang guru yang diteladani agar berbuat hal yang baik pada jiwa, sikap dan perilaku peserta didik di masa yang akan datang maka guru mesti profesional dalam pengajaran dan hubungan sosial.

Proses memindahkan segala keteladanan diri, pengetahuan diri dan perilaku profesional seorang guru kepada peserta didik dibutuhkan teknik yang oleh Ki Hajar Dewantara disebut among yaitu mendidik dengan sikap asih, asah, asuh. Teknik among ini membutuhkan guru yang tidak hanya mampu mengajar tapi juga mampu mendidik. Pada posisi inilah guru harus menjadi motivator jika guru tidak bisa tampil sebagai suri teladan maka jangan diharapkan peserta didik akan menuruti apalagi melaksanakan nasehat yang bersangkutan. 

Jika dikaitkan dengan ajaran agama Islam guru harus dapat menjadi contoh teladan bagi peserta didiknya dalam perkataan perbuatan dan akhlaknya. Guru harus menjadi contoh dalam penunaian kewajiban kepada RabbNya, kepada rasulnya dan kepada masyarakatnya. Keteladanan dan tingkah laku yang mulia dari seorang guru adalah faktor penentu yang sangat kuat pengaruhnya dalam memperbaiki dan membentuk akhlak seseorang. Tingkah laku seorang guru harus merupakan realisasi dari apa yang diucapkan dan apa yang dianjurkan untuk dilakukan.

Semoga kita bisa menjadi guru yang diteladani peserta didik. Sehingga peserta didik setelah lulus akan selalu mengenang apa yang pernah kita berikan padanya.

Selasa, 07 April 2020

GURU YANG SABAR

 Guru yang sabar

Saat saya SMP saya belajar matematika. Semua orang tahu matematika itu pelajaran isinya apa. Orang yang antipati belajar matematika baru mendengar matematika saja tidak mau mendekat atau tak pernah membuka buku matematikanya. Belum juga dilihat siapa gurunya, sudah malas untuk mempelajarinya.

Ternyata matematika itu mengasyikkan apalagi kalau gurunya sabar seperti ibu Siti Munawaroh. Cara mengajarnya yang pelan-pelan, setiap langkah selalu ditanya siapa yang belum paham. Kalau ada yang belum paham didekati kemudian dijelaskan sehingga bisa paham. Kesabaran yang luar biasa dan tak pernah marah membuat peserta didiknya akhirnya menyukai pelajaran matematika Demikian gambaran guru yang sabar yang didambakan peserta didik. Walau sudah berlalu namun ingatan akan guru yang disukai masih tetep terukir rapi.

Guru yang sabar dan dapat menahan emosi merupakan orang yang mendapatkan kedudukan yang mulia yang tidak dapat diraih  kecuali oleh orang yang memiliki semangat tinggi dan jiwa yang suci. Orang yang marah adalah gelora jiwa,dimana kehilangan keseimbangan dan pertimbangan-pertimbangan yang dimiliki terbalik sehingga hampir-hampir tidak bisa membedakan mana yang benar atau salah. Ketika mengajar tidak selamanya peserta didik menjadi sosok yang penurut dan pendengar yang baik Ada pesertaa didik dengan watak dan pemikiran yang berbeda-beda. Peserta didik adalah mereka yang secara psikologis sedang mencari jati dirinya sehingga tidak jarang menjadi sosok yang yang memberontak atau membantah atau mengikuti keinginan sendiri.

Saat gurunya mengajar atau memberikan informasi kadang peserta didik tidak mendengarkan apa yang diberikan gurunya. Tidak jarang tingkat kecerdasan peserta didik berbeda-beda ada yang yang pandai gesit terampil penurut mengikuti apa yang di diarahkan guru namun ada juga peserta didik yang tidak memperhatikan banyak bercanda suka bikin keributan atau yang lainnya padahal dilihat dari kecerdasan mereka kurang cerdas. Menghadapi aneka macam tingkah polah peserta didik dan menghadapi tingkat kecerdasan peserta didik maka guru harus bersifat sabar harus sabar hatinya seluas samudra hal itu disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara..

Kesabaran akan membuahkan ketenangan bagi guru dengan ketenangan tersebut. Guru mampu menemukan banyak strategi dan metode untuk menghadapi tipe tipe perilaku peserta didik. Guru yang sabar akan mempengaruhi kondisi psikologi peserta didik sehingga membuat peserta didik menjadi sabar pula. Seorang guru hendaknya bersifat sabar saat mengajarkan ilmu pengetahuan.

Dengan begitu ketika harus memberikan latihan yang berulang-ulang kepada peserta didiknya dia melakukan dengan kesadaran bahwa setiap orang yang memiliki kemampuan yang berbeda. Dengan begitu dia tidak tergesa-gesa dan memaksakan keinginannya kepada anak didik serta ingin segera melihat hasil karyanya berupa peserta didik yang pintar dan siap pakai tanpa memperhatikan kedalaman ajaran serta pengaruhnya dalam diri anak didik.

Sifat sabar ini bukanlah perkara yang mudah dicapai melainkan butuh adaptasi dan latihan panjang sampai nanti terbiasa terhadap hal-hal yang mengganggu saat mengajar.Hilang kesabaran bisa menjerumuskan guru pada kesulitan besar, terutama jika hal itu terjadi ditengah-tengah aktifitas mengajarnya. Banyak contoh misalnya peserta didik ditempeleng oleh gurunya itu merupakan bukti seorang guru hilang kesabarannya. Guru menghadapi tingkat akal yang bervariasi dalam banyak hal daya paham, cara pandang, penerimaan materi dan lain sebagianya. Selain sabar dalam menghadapi kenakalan peserta didik, guru juga harus sabar menjelaskan kepada peserta didik apabila pahamnya lama dibanding yang lain.

Minggu, 05 April 2020

GURU YANG MENGUASAI MATERI PELAJARAN

Guru yang menguasai materi pelajaran

Menjadi guru yang baik dan di dambakan peserta didik ternyata tidaklah sulit. Suatu saat saya pernah melihat beberapa peserta didik sedang mengerumuni gurunya. Peserta didik tersebut tampak antusias sekali  menanyakan beberapa tugas yang belum mendapatkan penyelesaian masalahnya. Kemudian tanpa rasa sungkan mereka saling bertukar pikiran mengobrol santai . Setiap pertanyaan dari siswa yang mengerumuni guru tersebut terjawab dengan baik.  Gurunya pun menanggapi dengan respon baik seperti layaknya mengobrol dengan teman sebaya. Sampai sudah tidak ada lagi yang mengajukan pertanyaan. Sungguh pemandangan yang sangat baik seperti ketika saya dulu menjadi di peserta didik . Ada seorang guru yang dengan serba bisa. Mengajar kami dengan sangat menguasai materi yang diajarkan

Dari gambaran di atas maka  yang membuat seorang guru didambakan dan dirindukan oleh peserta peserta didik karena guru tersebut menguasai materi pelajaran Bagaimana ilmu akan disampaikan kalau kita sebagai guru belum menguasai ilmu itu dahulu. Memang benar kita bukanlah satu-satunya sumber belajar peserta didik. Mereka bisa belajar dari sumber yang lain misalkan dari buku internet atau sumber yang relevan. Tatkala siswa sedang bertanya maka kita harus dapat menjawab apa yang menjadi pertanyaan siswa tersebut tanpa harus bolak-balik melihat buku. Dengan jawaban dari kita yang langsung dan membuat siswa paham maka siswa akan  menjadikan kita sebagai guru yang disukainya

Guru adalah orang tua di sekolah yang harus dipatuhi dihormati dan dihargai setiap tindak tanduknya. Seorang guru yang baik adalah inspirator bagi anak didiknya, memberi imajinasi dan mengajar benar-benar dari hatinya. Guru harus kompeten artinya kemampuannya melaksanakan pembelajaran dan memecahlan permaslahan peserta didik dapat diandalkan guna mencapai tujuan pendidikan. Seorang guru yang kompeten ditandai dengan keahliannya dibidang mata pelajaran yang diajarkan. Menjiwai profesi yang dimilikinya sebagai guru menguasai kompetensi pedagogic,kepribadian, profesional dan sosial

Apabila kita sebagai guru  berada di depan kelas maka yakinlah bahwa kita ini seorang yang mampu atau kompetensi yang menguasai materi pelajaran sehingga kita akan dipercaya oleh peserta didik. Maka sebelum mengajar kita harus mempersiapkan diri. Bukan masalah kita ini guru yang sudah lama mengajar sehingga semua materi sudah hafal sehingga mengabaikan persiapan mengajar.  Ilmu pengetahuan tidak pernah berhenti, maka kita juga harus sering mengupdate pengetahuan kita. Kita harus mempersiapkan diri dengan baik, baik dari segi administrasi seperti membuat persiapan mengajar (silabus,RPP dan program tahunan). Membuat dan mempersiapkan media pembelajaran dan persiapan dari segi edukatif seperti menguasai materi yang akan diajarkan, metode mengajar dan teknik pembelajaran.

Guru juga harus memiliki kemampuan untuk menata dan memilih materi pelajaran dan mengemasnya dalam cakupanyang dapat mudah dipahami oleh peserta didik. Pembelajaran akan menjadi menarik karena bersifat terarah apalagi dilengkapi dengan media pembelajaran yang menarik membuat peserta didik akan menyenangi pelajarannya dan nanti akan mendambakan sosok guru yang mengajarkannya. Cara penyampainnya juga jangan berbelit-belit, lugas dan banyak melibatkan peserta didik. 

Selain menguasai materi mengajar guru yang didambakan peserta didik juga memiliki penguasaan tentang teori dan ketramplan mengajar. Seorang guru harus mampu menjelaskan materi sehingga mudah dipahami. Guru yang pandai namun tidak bisa menjelaskan atau mentransfer ilmunya kepada peserta didik itu sangat disayangkan. Maka guru yang mempunyai teknik menjelaskan ini sangat dibutuhkan. Guru juga harus memiliki ketrampilan member penguatan. Saat peserta didik sudah serius dan nampak ada nilai positif yang ada pada tingkah lakunya maka ketrampilan memberikan penguatan ini sangat diharapkan sehingga akan menambah motivasi siswa.

Penguatan bisa diberikan dalam bentuk verbal seperti kata-kata pujian dan non verbal seperti gerakan mendekat,mimikdan gerakan badan,sentuhan dan lain-lain yang dapat menyenangkan peserta didik. Seorang guru juga harus mampu menguasai ketrampilan bertanya dengan baik. Sehingga pesrta didik dapat diukur sudah memahami materi pelajaran atau belum.Selain itu ada timbale balik antara guru dan peserta didik. Hal ini membuat  pembelajaran tidak membosankan.

Guru juga harus punya metode mengajar yang bervariasi sehingga peserta didik tidak akan jenuh dengan materi yang diajarkan oleh seorang guru. Hari ini metode ceramah, mungkin mingu depan metode diskusi atau yang lain. Kalau guru sudah bisa menerapkan hal yang demikian tersebut yakinlah kita sebagai guru akan disenangi oleh peserta didik dan dirindukan kedatangannya. 

Kamis, 02 April 2020

Soal Pilihan Ganda Gambar Teknik dan Jawabannya

Soal Pilihan Ganda Gambar Teknik dan Jawabannya

Sahabat blog semua, kita bertemu lagi dengan saya yang akan berbagi Soal dan jawaban gambar teknik. Langsung saja ya kita bagi :

Pilihlah jawaban yang kau anggap benar  dengan menyilang huruf a,b,c,d atau e

1.Gambar harus mempunyai sifat estetik artinya...
A.Gambar mudah dipahami
B.Gambar harus standart
C.Gambar harus seragam
D.Gambar harus ringkas
E.Gambar harus simetris sehingga memberikan kenyamanan yang membaca/melihatnya

ANSWER: E

2.Standarisasi diperlukan untuk menghindari salah pengertian dalam komunikasi teknik,misalnya JIS dibuat oleh negara ....
A.Jerman
B.Belanda
C.Jepang
D.Indonesia
E.Inggris

ANSWER: C

3.Yang bukan tujuan dibuatnya standar-standar dalam bidang teknik
A.Memudahkan perdagangan
B.Memudahkan komunikasi  teknik
C.Memberi petunjuk praktis pada gambar teknik
D.Agar terjadi perbedaan dalam bidang teknik
E.Menghindari salah pengertian dalam komunikasi teknik

ANSWER: D

4.Ukuran kertas A 4 :
A.210 mm x 297 mm
B.297 mm x 420 mm
C.420 mm x 594 mm
D.594 mm x 841 mm
E.841 mm x 1189 mm

ANSWER: A

5.Untuk ukuran kertas A3, maka garis tepi sisi kiri adalah....
A.10 mm
B.15 mm
C. 5 mm
D.20 mm
E.25 mm

ANSWER: D

6.Tingkat kekerasan pensil dinyatakan dengan kode huruf :
A.H
B.I
C.J
D.K
E.L

ANSWER: A

7.Tingkat kelunakan pensil dinyatakan dengan kode huruf...
A.A
B.B
C.C
D.D
E.H

ANSWER: B

8.Yang menunjukan kategori kode pensil lunak di bawah iniadalah :
A.2 H
B.H
C.F
D.H B
E.2 B

ANSWER: E

9.Untuk kode pensil yang paling keras adalah...
A.4 H
B.5 H
C.2 B
D.3 B
E.6 H

ANSWER: E

10.Untuk kode pensil yang paling lunak adalah....
A.2 B
B.3 B
C.4 H
D.5 H
E.6 B

ANSWER: E

11.Ukuran sudut yang tersedia pada penggaris segitiga adalah :
A.90° / 45° / 45°
B.90° / 30° / 60°
C.70° / 25° / 25°
D.A dan B benar
E.90° / 40° / 50°

ANSWER: B

12.Etiket gambar diletakkan pada...
A.Sisi kanan atas
B.Sisi Kanan bawah
C.Sisi kiri bawah
D.Sisi kiri atas
E.Ditengah-tengah bawah

ANSWER: B

13.Yang menunjukan skala gambar diperbesar adalah :
A.1 : 2
B.1 : 5
C.20 : 1
D.1 : 10
E.1 : 20

ANSWER: C

14.Digunakan untuk membuat garis tepi adalah...
A.Garis tebal
B.Garis tipis kontinu
C.Garis kontinu bebas
D.Garis gores tipis
E.Garis sumbu

ANSWER: A

15.Digunakan untuk membuat garis-garis ukur adalah...
A.Garis sumbu
B.Garis gores tipis
C.Garis kontinu bebas
D.Garis tipis kontinu
E.Garis tebal

ANSWER: D

16.Alat gambar yang digunakan untuk membuat huruf dengan perantaraan pen atau rapido adalah...
A.Pensil
B.Rapido
C.Mal huruf
D.Mal ellips
E.Mal lingkaran

ANSWER: C

17.Alat ini digunakan untuk membuat ellips adalah..
A.Busur
B.Jangka
C.Mal elips
D.Mal huruf
E.Rapido

ANSWER : C

18.Sumbu x dan sumbu y mempunyai sudut 30° terhadap garis mendatar adalah ciri proyeksi....
A.Proyeksi Amerika
B.Proyeksi Dimetris
C.Proyeksi Eropa
D.Proyeksi Ortogonal
E.Proyeksi Isometri

ANSWER: E

19.Dibawah ini yang merupakan ciri dari gambar proyeksi dimetri adalah …..
A.Sumbu x dan sumbu y mempunyai sudut 30° terhadap garis mendatar.
B.Sumbu utama mempunyai sudut: a=7° dan ß= 40°.
C.Sudut antara sumbu satu terhadap sumbu lainya 120°.
D.Panjang gambar pada masing-masing sumbu sama dengan panjang benda yang digambarkan
E.Sumbu x berimpit dengan garis horizontal/mendatar dan sumbu y mernpunyai sudut 45°dengan garis mendatar.

ANSWER: B

20.Sumbu utama mempunyai sudut: a=7° dan ß= 40°.Hal tersebut merupakan ciri proyeksi....
A. Proyeksi Miring
B. Proyeksi Dimetri
C. Proyeksi Perspektif
D. Proyeksi Ortogonal
E. Proyeksi Isometri

ANSWER: B


HAKEKAT GURU

HAKEKAT GURU Pengertian guru menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti orang yang mengajar. Jika profesinya mengajar baik di seko...