Minggu, 22 November 2020

Kenali Arti Huruf dan Angka pada Transmisi Otomatis

Dalam perkembangannya transmisi otomatis mengalami perkembangan, dengan banyak digemarinya mobil-mobil bertransmisi otomatis atau mobil matik. Bahkan kalau dari angka penjualanpun rata-rata didominasi  mobil dengan transmisi otomatis.


Sebagai contoh dari Business Innovation and Sales &Marketing  Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan bahwa secara rasio perbandingan penjualan mobil bertransmisi otomatis dan manual masih berada pada kisaran 65 % berbanding 35 %.

Tren ini juga dirasakan oleh Mitsubishi Xpander, Low MPV sejak awal diluncurkan tipe transmisi otomatis lebih laku. Sepanjang 2018 varian dengan transmisi otomatis terjual 54.103 unit. Sedangkan tipe manual terjual 21.062 unit.

Namun menurut data Wholesales Gaikindo tahun 2018 untuk Toyota Avanza dengan tipe manual lebih merajai dengan total 66.464 unit, sementara tipe matiknya meraih 15.703 unit.

Untuk Daihatsu  Xenia tipe dengan transmis  manual laku 26.704 unit dan transmisi otomatisnya terjual 2.817 unit.

Dari gambaran tersebut diatas dengan perkembangan transmisi otomatis yang semakin meningkat, hampir semua lapisan masyarakat memilih mobil dengan transmisi otomatis, termasuk orang yang baru mengendarai mobil.

Khusus untuk pengendara baru atau green driver ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum mulai mengemudikan mobil otomatis / mobil matik. Karena banyak kasus kecelakaan mobil terjun dari atas gedung parkir atau tiba-tiba berganti jalur dan menabrak kendaraan lain. Hal ini karena salah satunya kelalaian pengemudi yang belum paham mekanisme tuas transmisi otomatis tersebut.

Paling utama untuk menggemudi  adalah mengenal arti huruf dan angka pada tuas transmisi mobil karena ini penting apalagi buat pengemudi pemula.

Pada tuas transmisi otomatis / mobil matik itu terdapat  kombinasi huruf dan angka  seperti  P-R-N-D-2-L

Masing-masing tanda bukan mengindikasikan percepatan gigi seperti pada tuas transmisi manual melainkan fungsi. Agar lebih paham berikut penjelasannya :

a. P atau Parkir adalah posisi kendaraan parkir, transmisi terkunci pada  posisi ini sehingga kendaraan tidak bisa di dorong. Posisi ini juga merupakan awal saat kita menhidupkan mesin dan melepaskan kunci kontak.

b. R atau reverse fungsinya untuk memundurkan kendaraan

c. N atau Netral, posisi gir netral hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas

d. D atau Drive adalah posisi untuk berjalan maju pada kondisi normal

e. 2/ S atau second adalah posisi untuk berjalan maju di medan pegunungan. Posisi ini ada di maksimum gigi kedua yang  bisa juga digunakan engine brake.

f. 1 / L atau Low adalah posisi maju pada gigi satu hanya digunakan pada saat berkendara medan yang menanjak curam.


Demikian penjelasan arti huruf dan angka pada transmisi otomatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HAKEKAT GURU

HAKEKAT GURU Pengertian guru menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti orang yang mengajar. Jika profesinya mengajar baik di seko...