Minggu, 22 November 2020

STRUKTUR KURIKULUM 2013 Revisi 2017 TKRO - TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF

 

Menurut Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor : 07/D.D5/KK/2018 tanggal 7 Juni 2019 tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan

1.          Bidang Keahlian         : Teknologi dan Rekayasa

1.11.    Program Keahlian        : Teknik Otomotif

1.11.1. Kompetensi Keahlian   : Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

   (3 Tahun)

MATA PELAJARAN

ALOKASI WAKTU

A. Muatan Nasional

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

318

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

212

3

Bahasa Indonesia

320

4

Matematika

424

5

Sejarah Indonesia

108

6

Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

352

Jumlah A

1.734

B. Muatan Kewilayahan

 

1

Seni Budaya

108

2

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

144

Jumlah B

252

C.   Muatan Peminatan Kejuruan

 

C1. Dasar Bidang Keahlian

 

1

Simulasi dan Komunikasi Digital

108

2

Fisika

108

3

Kimia

108

C2. Dasar Program Keahlian

 

1

Gambar Teknik Otomotif

144

2

Teknologi Dasar Otomotif

144

3

Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif

180

C3. Kompetensi Keahlian

 

1

Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan

594

2

Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan

560

3

Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan

560

4

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

524

Jumlah C

3.030

Total

5.016

 

MATA  PELATIHAN

KELAS

 X

    XI

XII

1

2

3

4

5

6

A.

Muatan Nasional

1

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

3

3

3

2

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

2

2

2

2

2

3

Bahasa Indonesia

4

4

3

3

2

2

4

Matematika

4

4

4

4

4

4

5

Sejarah Indonesia

3

3

-

-

-

-

6

Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

3

3

3

3

4

4

 

Jumlah

19

19

15

15

15

15

B.

Muatan Kewilayahan

 

1

Seni Budaya

3

3

-

-

-

-

2

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

2

2

2

2

-

-

 

Jumlah B

5

5

2

2

-

-

C

Muatan  Peminatan Kejuruan

C1

Dasar Bidang Keahlian

1

Simulasi dan Komunikasi Digital

3

3

-

-

-

-

2

Fisika

3

3

-

-

-

-

3

Kimia

3

3

-

-

-

-

C2

Dasar Program Keahlian

1

Gambar Teknik Otomotif

4

4

-

-

-

-

2

Teknologi Dasar Otomotif

4

4

-

-

-

-

3

Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif

5

5

-

-

-

-

C3

Kompetensi Keahlian

1

Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan

-

-

8

8

9

9

2

Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan

-

-

8

8

8

8

3

Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan

-

-

8

8

8

8

4

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

-

-

7

7

8

8

 

Jumlah C

22

22

31

31

33

33

 

Total

46

46

48

48

48

48

Kenali Arti Huruf dan Angka pada Transmisi Otomatis

Dalam perkembangannya transmisi otomatis mengalami perkembangan, dengan banyak digemarinya mobil-mobil bertransmisi otomatis atau mobil matik. Bahkan kalau dari angka penjualanpun rata-rata didominasi  mobil dengan transmisi otomatis.


Sebagai contoh dari Business Innovation and Sales &Marketing  Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan bahwa secara rasio perbandingan penjualan mobil bertransmisi otomatis dan manual masih berada pada kisaran 65 % berbanding 35 %.

Tren ini juga dirasakan oleh Mitsubishi Xpander, Low MPV sejak awal diluncurkan tipe transmisi otomatis lebih laku. Sepanjang 2018 varian dengan transmisi otomatis terjual 54.103 unit. Sedangkan tipe manual terjual 21.062 unit.

Namun menurut data Wholesales Gaikindo tahun 2018 untuk Toyota Avanza dengan tipe manual lebih merajai dengan total 66.464 unit, sementara tipe matiknya meraih 15.703 unit.

Untuk Daihatsu  Xenia tipe dengan transmis  manual laku 26.704 unit dan transmisi otomatisnya terjual 2.817 unit.

Dari gambaran tersebut diatas dengan perkembangan transmisi otomatis yang semakin meningkat, hampir semua lapisan masyarakat memilih mobil dengan transmisi otomatis, termasuk orang yang baru mengendarai mobil.

Khusus untuk pengendara baru atau green driver ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum mulai mengemudikan mobil otomatis / mobil matik. Karena banyak kasus kecelakaan mobil terjun dari atas gedung parkir atau tiba-tiba berganti jalur dan menabrak kendaraan lain. Hal ini karena salah satunya kelalaian pengemudi yang belum paham mekanisme tuas transmisi otomatis tersebut.

Paling utama untuk menggemudi  adalah mengenal arti huruf dan angka pada tuas transmisi mobil karena ini penting apalagi buat pengemudi pemula.

Pada tuas transmisi otomatis / mobil matik itu terdapat  kombinasi huruf dan angka  seperti  P-R-N-D-2-L

Masing-masing tanda bukan mengindikasikan percepatan gigi seperti pada tuas transmisi manual melainkan fungsi. Agar lebih paham berikut penjelasannya :

a. P atau Parkir adalah posisi kendaraan parkir, transmisi terkunci pada  posisi ini sehingga kendaraan tidak bisa di dorong. Posisi ini juga merupakan awal saat kita menhidupkan mesin dan melepaskan kunci kontak.

b. R atau reverse fungsinya untuk memundurkan kendaraan

c. N atau Netral, posisi gir netral hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas

d. D atau Drive adalah posisi untuk berjalan maju pada kondisi normal

e. 2/ S atau second adalah posisi untuk berjalan maju di medan pegunungan. Posisi ini ada di maksimum gigi kedua yang  bisa juga digunakan engine brake.

f. 1 / L atau Low adalah posisi maju pada gigi satu hanya digunakan pada saat berkendara medan yang menanjak curam.


Demikian penjelasan arti huruf dan angka pada transmisi otomatis.

Jumat, 20 November 2020

MENGENAL MOBIL BMW 318i E36


 

Satu lagi mobil sedan keluaran BMW yang digandrungi anak muda yaitu BMW 318i E36. BMW 318i E36 yang merupakan penerus produksi dari BMW 318i E30 M40 yang lebih klasik. Spesifikasi, model dan bentuknya nya pun tidak jauh beda dengan versi sebelumnya, desainnya masih mengandalkan kesan kotak namun lebih besar sedikit. Mobil ini merupakan tipe terendah dari BMW seri 3 yang dijual di indonesia antara tahun 1992 hingga tahun 1998 dengan berbagai varian mesin.

BMW 318i E36 menggunakan mesin dengan kode M40 yang diproduksi dari tahun 1992 hingga 1994 dan yang  di produksi dari tahun 1996 hingga 1998 menggunakan mesin ber-kode mesin M43. Perbedaan antara mesin BMW M40 dan M43 yang utama adalah pada sistem injeksi-nya dan penggunaan rantai keteng pada mesin(sebelumnya timmingbelt).

Maka mesin M43 yang baru dengan penyempurnaan tersebut dapat menghasilkan tenaga yang sedikit lebih besar namun lebih hemat bahan bakar. Kalau dari kapasitas mesin keduanya sama persis, yaitu 1796 cc yang kemudian dibulatkan menjadi 1800 cc.

Pesaing mobil ini adalah Toyota Great Corolla yang diteruskan Toyota New Corolla Al New, Mitsubihi Lancer CB (Evo 3) dilanjutkan Mitsubishi Lancer CK (Evo 4), Honda Civic Genio yang dilanjutkan Honda Civic Verio.Membahas spesifikasi mesin 318i kode mesin M40 dan M43 memiliki kesamaan konfigurasi, 4 silinder segaris SOHC, namun tenaga yang dihasilkan berbeda. Untuk mesin M40 dapat menghasilkan tenaga 116HP pada putaran 5500 RPM, sedangkan M43 hanya 115 HP pada putaran yang sama. Untuk torsi M40 menghasilkan 165Nm pada putaran 4250 RPM, M43 sendiri menghasilkan 168Nm pada putaran 3900 RPM.

 

Untuk konsumsi bahan bakar dari mobil ini adalah 1 berbanding 6 hingga 9 kilometer per liter untuk rute dalam kota dan 1 : 10 hingga 12 kilometer untuk rute luar kota.

 

Kelebihan mobil ini adalah : Harga terjangkau, desain body timeless, handling istimewa, kabin senyap, bantingan mantab dan radius putar kecil.

Kelemahan nya  : suara mesin kasar, underpower dan akselerasi lambat, kabin terasa sempit, lapisan interior rentan  rusak karena iklim tropis, lampu LED pada OBC sering rusak, perawatan sedikit mahal, airflow sering bermasalah, relative boros

 

(Tugas PMKR : Juniadi Gitawan)

 

Selasa, 27 Oktober 2020

Peran Teknologi Pembelajaran di Masa Pandemi

  

Tak disangka oleh semua elemen pendidikan, bahkan mengharapkan pembelajaran dilakukan dari jarak jauh. Semua materi yang biasa disampaikan didepan kelas pun berubah. Tatap muka antara guru dan murid tak terlaksana. Semua berubah karena adanya pandemi Covid 19.

Virus Covid 19 yang konon berasal dari China, awalnya dianggap virus yang biasa. Namun semenjak penyebarannya cepat dan banyak yang meninggal dunia membuat negara kita langsung bergerak.

Pembelajaran dilakukan dirumah. Bekerja dari rumah. Bahkan beribadah pun dari rumah. Sekolah-sekolah sepi dari hiruk pikuk peserta didik. Perkantoran sepi dari lalu lalang pekerja. Masjid sepi dari suara adzan. Ujian Nasional didepan mata ikut di batalkan.

Virus Covid 19 membuat materi disampaikan dari rumah. Siswa menerima pelajaran dari rumah. Agar materi bisa sampai ke siswa perlu adanya teknologi yang mendukung agar mempermudah pembelajaran jarak jauh. Karena pembelajaran jarak jauh ini program yang mendadak dan terpaksa maka guru pun awalnya mengalami kebingungan. Tidak semua guru menguasai teknologi pembelajaran dengan baik.

Kendala pembelajaran jarak jauh adalah guru cenderung focus pada penuntasan kurikulum. Waktu pembelajaran yang kurang membuat guru tidak mungkin memenuhi beban jam mengajar. Guru kesulitan komunikasi dengan orang tua sebagai mitra di rumah.

Kesulitan orang tua yaitu tidak semua orang tua mampu mendampingi anaknya belajar dirumah karena ada tanggungjawab lainnya. Kesulitan orang tua dalam memahami pelajaran dan memotivasi saat mendampingi belajar dirumah.

Sedang kendala peserta didik adalah kesulitan konsentrasi belajar dari rumah dan mengeluhkan beratnya tugas dari guru. Peningkatan rasa stress dan jenuh akibat isolasi berkelanjutan karena belajar dirumah.

Untuk mengatasi hal tersebut maka pembelajaran jarak jauh harus menyenangkan. Pembelajaran jarak jauh dapat dikategorikan dalam pembelajaran daring dan pembelajaran luring. Pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan learning manajemen system. Seperti Zoom, google meet. Google classroom, edmudo dan lain-lain. Pembelajaran daring menggunakan aplikasi dan tidak tatap muka. Guru dan peserta didik terhubung dengan jaringan internet.

Sedangkan pembelajaran luring atau luar jaringan adalah pembelajaran offline. Pembelajaran tidak terhubung internet. Pembelajaran menggunakan media misalnya televise atau radio. Guru bisa berkunjung dengan kelompok-kelompok kecil.

Guru sebelum menentukan pembelajaran daring atau luring yang akan dilaksanakan maka alangkah baiknya guru mengetahui latar belakang peserta didiknya. Guru harus mengetahui kondisi ekonomi peserta didiknya. Karena dengan mengetahui  keadaan peserta didiknya maka guru dapat dengan tepat menggunakan teknologi pembelajarannya.

Materi  dari guru harus tersampaikan dengan baik. Perlu adanya diskusi antara guru, orang tua dan murid untuk menentukan teknologi PJJ yang tepat. Menerapkan pembelajaran di era pembiasaan baru dengan memperhatikan keragaman siswa. 

Penggunaan aplikasi whatsapp yang sudah familiar untuk guru dan siswa bisa digunakan. Namun kelemahannya guru tidak bisa memantau secara pasti apakah siswa belajar atau tidak. Pemberian materi dan diakhiri dengan tugas sebagai bukti keaktifan siswa juga membuat siswa mengeluh karena semua guru memberi tugas.

Penggunaan whatsaap bisa dimaksimalkan dengan menekan keluhan siswa. Tidak setiap materi perlu ada tugas yang harus dikumpulkan. Sesekali gunakan emoticon di whatshapp untuk mengungkapkan perasaan siswa serta sebagai bukti kehadiran.  Materi pembelajaran video bisa langsung dishare di aplikasi ini. Rekaman suara guru dan siswa juga bisa ditampilkan. Maksimalkan juga untuk diskusi tentang materi sehingga semua siswa bisa aktif.

Sebenarnya guru sudah mulai beradaptasi dengan PJJ. Terbukti dengan adanya PJJ guru bertambah kemampuannya. Dulu seorang guru mengajar di depan kelas, berbicara didepan siswanya  mungkin dengan laptop dan infokus materi tersampaikan. Sekarang materi disampaikan dengan menggunakan video pembelajaran.  Kemampuan guru merekam, mengedit dan mengatur materi sehingga menjadi video pembelajaran  meningkatkan skill kemampuan guru. Siswa melihat materi yang disampaikan guru melalui youtube. Namun masalah timbul karena tidak semua siswa memiliki quota yang berlebih. Akhirnya sekolah memberikan bantuan pulsa.

Penggunaan  Zoom meeting dan aplikasi lain sebetulnya membantu guru bisa bertatap muka dengan siswa. Bisa melihat kondisi siswa saat belajar. Diskusi materi pelajaran bisa berlangsung. Namun kendala muncul selain aplikasi yang menyedot pulsa, beberapa handphone terkendala dan ternyata beberapa siswa  menonaktifkan video saat materi berlangsung. Sehingga kurang efektif.

Teknologi pembelajaran yang digunakan sebenarnya bukan masalah canggih dan tidaknya aplikasi tersebut. Teknologi bukan segalanya. Tergantung kita menggunakannya. Yang paling tahu tentang kondisi siswa, tentunya kita para guru. Namun yang utama dengan teknologi pembelajaran yang digunakan guru bisa menyapa siswanya belajar dari rumah (BDR), bisa memperhatikan kondisi siswa dan tentunya membuat siswa senang selama belajar dari rumah.

Dengan teknologi yang tepat maka pembelajaran daring dan pembelajaran luring akan membuat peserta didik senang.

Semoga Pandemi Covid 19 ini cepat berlalu. Pembelajaran tatap muka segera bisa teralisasi dan hidup normal lagi.

 

#PGRI #KOGTIK #EPSON #KSGN

 

 

Profil Penulis

Agung Pramono,SPd 


Dilahirkan di Jakarta 26 Desember 1973. Guru di SMKN 1 Jakarta

Bertempat tinggal di Puri Serpong 1, Blok D1. No.08, Desa Setu, Kec,Setu, Kota Tangerang Selatan, Propinsi Banten.

Hoby menulis dan olah raga dengan prinsip hidup bermakna bagi orang lain.

Kamis, 17 September 2020

Nilai Karakter Tumbuh di Masa Pandemi Covid 19



    Pendidikan di Indonesia awalnya berjalan sepeti biasa. Berita tentang pandemi Covid 19 dari beberapa negara tetangga seakan biasa saja. Namun semenjak adanya warga Negara Indonesia ada yang positif  Covid 19 semua berubah drastis.  Ujian Nasional yang menunggu hari dibatalkan. Semua pembelajaran dari berbagai tingkat dihentikan. Perubahan yang begitu mendadak membuat semua elemen kebingungan.  Pembelajaran jarak jauh menjadi solusi untuk mengganti petemuan dengan siswa. Siswa yang biasanya belajar di sekolah, mendadak belajar dari rumah. 

    Untuk menyikapi hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki aplikasi belajar online. Aplikasi ini tidak  berbayar dan berkualitas.  Nama aplikasinya adalah rumah belajar. Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar seta fasilitas yang mendukung untuk belajar.  Belajar menjadi asik dan menarik. Rumah  belajar bisa belajar dimana saja, bisa belajar kapan saja dan siapa saja. Fitur-fitur yang tersedia antara lain :  fitur sumber belajar, kelas maya,bank soal, laboratorium maya dan sumber belajar yang lainnya.

Selain rumah belajar kemendikbud melalui Pusat Penguatan Karakter  menyelenggarakan webinar series cerdas berkarakter . Untuk bulan Agustus terselenggara 4 webinar series cerdas berkarakter.

Webinar 6, 8 Agustus 2020 dengan tema “Kurikulum Kondisi Khusus, Adaptasi Pembelajaran Kebiasaan Baru”. Kebijakan pembelajaran di masa pandemic Covid-19 dengan adanya  kurikulum darurat kondisi khusus.. Perampingan kurikulum untuk  mengacu pada kompetensi essensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran. 

Webinar 7, 15 Agustus  2020 dengan tema “ Sinergi Pembelajaran Kondisi Khusus”. Pentingnya guru peran dinas pendidikan, sekolah, kelompok kerja guru dan orang tua harus sinergi demi tercapainya pelaksanaan pendidikan yang optimal

Webinar 8, 22 Agustus 2020 dengan tema “Mengelola Pembelajaran Adaftif, Fleksibel dan Akomodatif”. Masih dalam rangka penyesuaian kebijakan pembelajaran dimasa pandemic dengan menerapkan kurikulum dalam kondisi khusus serta memaksimalkan pengelolaan pembelajaran yang adaftif, fleksibel dan akomodatif. Materi yang diberikan guru bersifat konstekstual, kongkrit dan relevan sehingga bermakna bagi siswa. Materi bilangan dilakukan dengan menghitung mainan yang ada dirumah. Pembelajaran dilakukan dengan cara menyenangkan.

Webinar 9, 29 Agustus 2020 dengan tema “ Tetap Produktif di Masa Penuh Tantangan, Vokasi Kuat Menguatkan Indonesia. Menguatkan implementasi pembelajaran produktif dan praktik kerja industry SMK pada kondisi khusus. Masa pandemic tetap ada yang dilakukan untuk siswa SMK yang identik dengan praktik. Peran strategi SMK harus tetap produktif ditengah situasi menantang ini.

Kesimpulan webinar yang dilakukan melalui pusat penguatan karakter ini sangat bemanfaat. Untuk kedepannya perlu ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

    
Setiap webinar selalu ditampilkan video dan film animasi yang menggambarkan pentingnya penguatan karakter. Seorang siswa yang putus sekolah dengan bantuan temannya saling bergotong royong, siswa tersebut bisa kembali sekolah. Seorang anak kost yang rela berkorban tidak pulang kampung demi kesehatan orang tuanya dimasa pandemic Covid 19 ini, dibelikan masker dan makanan. Semua gotong royong mengamalkan pancasila. Aku, kamu dan dia pancasila.

    Dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah kami, banyak siswa yang terkendala dengan kuota dan handphone. Dengan gotong royong dan rela berkorban,  ada sumbangan dari guru dan siswa lainnya untuk membeli pulsa dan menyumbangkan handphone. Semua kompak demi terlaksananya pembelajaran di masa pandemic Covid 19 ini. Semoga Covid 19 segera berlalu dan pembelajaran kembali seperti semula.(Agung Pramono)


HAKEKAT GURU

HAKEKAT GURU Pengertian guru menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti orang yang mengajar. Jika profesinya mengajar baik di seko...