Materi Belajar Mengajar, Materi Pendidikan, Silabus, RPP, Bahan Ajar, Soal Latihan, Info Lomba Menulis, Materi Menulis, Materi Otomotif, Masalah Otomotif , Traveling / Jalan-jalan dan Hiburan. Terlengkap dan Terbaru 2021
Minggu, 05 April 2020
GURU YANG MENGUASAI MATERI PELAJARAN
Kamis, 02 April 2020
Soal Pilihan Ganda Gambar Teknik dan Jawabannya
Pilihlah jawaban yang kau anggap benar dengan menyilang huruf a,b,c,d atau e
1.Gambar harus mempunyai sifat estetik artinya...
A.Gambar mudah dipahami
B.Gambar harus standart
C.Gambar harus seragam
D.Gambar harus ringkas
E.Gambar harus simetris sehingga memberikan kenyamanan yang membaca/melihatnya
ANSWER: E
2.Standarisasi diperlukan untuk menghindari salah pengertian dalam komunikasi teknik,misalnya JIS dibuat oleh negara ....
A.Jerman
B.Belanda
C.Jepang
D.Indonesia
E.Inggris
ANSWER: C
3.Yang bukan tujuan dibuatnya standar-standar dalam bidang teknik
A.Memudahkan perdagangan
B.Memudahkan komunikasi teknik
C.Memberi petunjuk praktis pada gambar teknik
D.Agar terjadi perbedaan dalam bidang teknik
E.Menghindari salah pengertian dalam komunikasi teknik
ANSWER: D
4.Ukuran kertas A 4 :
A.210 mm x 297 mm
B.297 mm x 420 mm
C.420 mm x 594 mm
D.594 mm x 841 mm
E.841 mm x 1189 mm
ANSWER: A
5.Untuk ukuran kertas A3, maka garis tepi sisi kiri adalah....
A.10 mm
B.15 mm
C. 5 mm
D.20 mm
E.25 mm
ANSWER: D
6.Tingkat kekerasan pensil dinyatakan dengan kode huruf :
A.H
B.I
C.J
D.K
E.L
ANSWER: A
7.Tingkat kelunakan pensil dinyatakan dengan kode huruf...
A.A
B.B
C.C
D.D
E.H
ANSWER: B
8.Yang menunjukan kategori kode pensil lunak di bawah iniadalah :
A.2 H
B.H
C.F
D.H B
E.2 B
ANSWER: E
9.Untuk kode pensil yang paling keras adalah...
A.4 H
B.5 H
C.2 B
D.3 B
E.6 H
ANSWER: E
10.Untuk kode pensil yang paling lunak adalah....
A.2 B
B.3 B
C.4 H
D.5 H
E.6 B
ANSWER: E
11.Ukuran sudut yang tersedia pada penggaris segitiga adalah :
A.90° / 45° / 45°
B.90° / 30° / 60°
C.70° / 25° / 25°
D.A dan B benar
E.90° / 40° / 50°
ANSWER: B
12.Etiket gambar diletakkan pada...
A.Sisi kanan atas
B.Sisi Kanan bawah
C.Sisi kiri bawah
D.Sisi kiri atas
E.Ditengah-tengah bawah
ANSWER: B
13.Yang menunjukan skala gambar diperbesar adalah :
A.1 : 2
B.1 : 5
C.20 : 1
D.1 : 10
E.1 : 20
ANSWER: C
14.Digunakan untuk membuat garis tepi adalah...
A.Garis tebal
B.Garis tipis kontinu
C.Garis kontinu bebas
D.Garis gores tipis
E.Garis sumbu
ANSWER: A
15.Digunakan untuk membuat garis-garis ukur adalah...
A.Garis sumbu
B.Garis gores tipis
C.Garis kontinu bebas
D.Garis tipis kontinu
E.Garis tebal
ANSWER: D
16.Alat gambar yang digunakan untuk membuat huruf dengan perantaraan pen atau rapido adalah...
A.Pensil
B.Rapido
C.Mal huruf
D.Mal ellips
E.Mal lingkaran
ANSWER: C
17.Alat ini digunakan untuk membuat ellips adalah..
A.Busur
B.Jangka
C.Mal elips
D.Mal huruf
E.Rapido
ANSWER : C
18.Sumbu x dan sumbu y mempunyai sudut 30° terhadap garis mendatar adalah ciri proyeksi....
A.Proyeksi Amerika
B.Proyeksi Dimetris
C.Proyeksi Eropa
D.Proyeksi Ortogonal
E.Proyeksi Isometri
ANSWER: E
19.Dibawah ini yang merupakan ciri dari gambar proyeksi dimetri adalah …..
A.Sumbu x dan sumbu y mempunyai sudut 30° terhadap garis mendatar.
B.Sumbu utama mempunyai sudut: a=7° dan ß= 40°.
C.Sudut antara sumbu satu terhadap sumbu lainya 120°.
D.Panjang gambar pada masing-masing sumbu sama dengan panjang benda yang digambarkan
E.Sumbu x berimpit dengan garis horizontal/mendatar dan sumbu y mernpunyai sudut 45°dengan garis mendatar.
ANSWER: B
20.Sumbu utama mempunyai sudut: a=7° dan ß= 40°.Hal tersebut merupakan ciri proyeksi....
A. Proyeksi Miring
B. Proyeksi Dimetri
C. Proyeksi Perspektif
D. Proyeksi Ortogonal
E. Proyeksi Isometri
ANSWER: B
Selasa, 17 Maret 2020
TUGAS PDTO ALAT UKUR HIDROLIK DAN PNEUMATIK
2. Jelaskan tentang sistem hidrolik yang kamu pahami !
3. Jelaskan kelebihan dan kekurangan sistem hidrolik itu !
4. Jelaskan tentang sistem pneumatik yang kamu pahami !
5. Prinsip kerja sistem hidrolik menerapkan hukum apa ? Sebutkan bunyi hukum tersebut.!
6. Prinsip kerja sistem pneumatik menggunakan hukum apa, jelaskan !
7. Jelaskan alat ukur pengukur tekanan (compresion tester) dan langkah-langkah penggunaannya !
8. Jelaskan alat ukur pengukur vakum (vacum gauge) dan cara penggunaannya !
9. Jelaskan alat ukur pengukur kebocoran pendingin,dan cara penggunaan !
a. Untuk mengecek kebocoran sistem pendingin
b. Untuk mengecek kebocoran pada tutup radiator
10. Jelaskan alat ukur tyre pressure gauge dan cara penggunaannya !
11. Jelaskan alat ukur tyre gauge and inflator !
12. Jelaskan alat ukur tekanan manifold
Kamis, 12 Maret 2020
KOMPETENSI PEDAGOGIK
Guru adalah salah satu unsur penting dalam pendidikan setelah peserta didik. Guru adalah salah satu tumpuan bagi negara dalam hal pendidikan. Kunci yang harus dimiliki guru sebagai seorang pengajar yang berada dikelas adalah kompetensi. Kompetensi wajib dimiliki oleh semua guru. Karena dengan kompetensi yang dimiliki maka akan dapat mengembangkan peserta didik. Kompetensi adalah seperangkat ilmu serta ketrampilan mengajar guru didalam menjalankan tugas profesionalnya sebagai seorang guru sehingga tujuan pendidikan akan tercapai.
Sementara standard kompetensi yang tertuang dalam peraturan Menteri Pendidikan Nasional mengenai kualifikasi akademik serta kompetensi guru menyebutkan bahwa guru professional harus memiliki 4 kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial
A. Kompetensi Pedagogik
Kompetensi pedagogik adalah kemampuan yang dimiliki guru berkenaan dengan karakteristik siswa dilihat dari aspek moral,emosional dan intelektual. Pemahaman guru terhadap anak didik, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan mengembangkan anak didik untuk mengaktualisasikan sebagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik sebagai kemampuan mengelola pembelajaran. Mencakup konsep kesiapan mengajar, yang ditunjukkan oleh penguasaan pengetahuan dan keterampilan mengajar.
1. Guru yang memahami karakteristik peserta didik
Guru yang memahami karakteristik peserta didik harus bisa memanfaatkan prinsip-prinsip kognitif dan prinsip-prinsip kepribadian untuk memahami perkembangan anak didik. Mengidentifikasikan bekal agar ajar awal anak didik yang mencakup menentukan tingkat penguasaan kompetensi prasyarat anak didik, mengidentifikasikan kesulitan belajar anak didik. Mengidentifikasikan tugas-tugas perkembangan sosial kultural untuk memahami anak didik, dan mengidentifikasi gaya belajar untuk memahami anak didik.
2. Guru yang mampu merancang pembelajaran secara baik.
Guru yang mampu merancang pembelajaran secara baik bisa membedakan teori belajar behavioristik, kognitif, konstruktivistik, social, atau yang lain, dan menerapkan teori belajar tersebut dalam pembelajaran fakta, konsep, prosedur, dan prinsip. Mampu mengembangkan kuriklum yang terkait dengan mata pelajaran yang diajarkan. Menentukan strategi pembelajaran berdasarkan keberadaan anak didik, kompetensi yang ingin dicapai dan materi ajar Guru juga mampu menyusun rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang telah dipilih meliputi:
a. Menyusun silabus dan rencana pembelajaran
b. Merancang kerangka pengalaman belajar untuk mencapai kompetensi
c. Memilih dan mengorganisasikan materi dan bahan ajar
d. Memilih dan merancang media dan sumber belajar yang diperlukan
e. Membuat rancangan evaluasi proses dan penilaian hasil belajar.
3. Guru yamg mampu melaksanakan pembelajaran.
Guru yang mampu melaksanakan pembelajaran dibuktikan dengan mampu menata latar (setting) pembelajaran mencakup menata sarana dan prasarana belajar yang akan digunakan secara tepat guna, memanfaatkan sarana dan prasarana belajar yang tersedia dan atau dapat disediakan dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar Guru juga harus mampu melaksanakan pembelajaran yang kondusif meliputi :
a. Memotivasi anak didik melakukan berbagai kegiatan pembelajaran yang bersifat interaktif
b. Menjelaskan materi bidang studi
c. Memfasilitasi anak didik untuk melakukan berbagai kegiatan belajar
d. Memberi penguatan dalam pembelajaran
e. Memberikan kesempatan kepada anak didik untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialaminya.
4. Guru yang mampu mengevaluasi hasil belajar peserta didik
Guru yang mampu mengevaluasi hasil belajar peserta didik ditandai mampu melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar berkesinambungan yaitu melaksanakan penilaian dengan tes dan non tes. Menganalisa untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar. Mampu merancang program remedial dan pengayaan serta memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan kualitas program pembelajaran.
5. Guru yang mampu mengembangkan potensi peserta didik
Guru yang mampu mengembangkan potensi peserta didik dengan cara memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan karya kreatif dan inovatif, mengembangkan bakat dan minat. Guru juga harus membimbing peserta didik mengembangkan iman dan takwa dan pengembangan ketrampilan social.
Rabu, 11 Maret 2020
NGE-BLOG DENGAN TAKSONOMI BLOOM
Selasa, 25 Februari 2020
BAGAIMANA MEMULAI MENULIS
Ada enam langkah yang diungkapkan oleh Ustadz Cahyadi Takariawan, di mana langkah pertama dan kedua bisa ditukar. Keenam langkah atau proses memulai menulis itu adalah sebagai berikut:
1. Tentukan jenis tulisan. Misalnya fiksi, non fiksi, fiksi ilmiah dan lain-lain
Cerita Fiksi adalah tulisan yang menyajikan cerita yang bersifat fiksi atau tidak nyata. Secara umum cerita fiksi dibagi menjadi 4 jenis :
a. Dongeng
Dongeng merupakan bentuk cerita yang bersifat khayal dan ajaib yang berasal dari mulut ke mulut biasanya diceritakan dari generasi ke generasi.
b. Novel
Novel adalah suatu cerita yang menceritakan tentang kisah hidup manusia pada kurun tak tentu dalam hidupnya dan belum ada penyelesaian secara sempurna. Contoh ketika cinta bertasbih
c. Cerpen atau cerita pendek
Cerpen merupakan cerita suatu kejadian dalam hidup manusia secara sekilas dan biasanya tidak ada penyelesaian dalam akhir cerita.
d. Roman
Roman yaitu suatu cerita yang berkisah tentang percintaan. Contoh Siti Nurbaya
2. Tentukan tema tulisan.
Tema merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran dalam suatu tulisan. Dalam proses memulai menulis, tema adalah pokok bahasan yang akan disusun menjadi tulisan.Menentukan tema berarti menentukan apa masalah sebenarnya yang akan di tulis atau diuraikan oleh penulis.
3. Tentukan sasaran / segmen / pangsa pasar dari tulisan kita karena setiap segmen memiliki ciri khas penulisan masing masing, apakah untuk anak-anak, remaja atau dewasa.
Menulislah dari apa yang anda rasakan, apa yang anda lihat, apa yang anda dengar dan yang anda kerjakan. Menulislah yang pernah anda alami dengan bahasa yang sederhana dan tidak berbelit-belit. Menulislah terus, terus menulis hingga menjadi tulisan
Kesimpulan nya kita harus memulai menulis, kemudian menulis dan terus menulis.
Sumber : Materi KMO Batch 14 Pembelajar Alinea
Sabtu, 22 Februari 2020
MODAL MENJADI PENULIS
Menjadi penulis untuk sebagian orang memang suatu profesi yang tidak menjanjikan untuk mendapatkan materi. Namun ada juga yang berkeyakinan menjadi penulis maka akan didapat kepuasan materi dan kepuasan batini. Kepuasan materi didapat apabila tulisannya yang menjadi buku terjual laris dipasaran. Kepuasan batin aapabial tulisannya mengandung kebaikan dan dibaca dan dikuti oleh orang lain.
Banyak orang menganggap menjadi penulis memerlukan bakat, namun kenyataaannya bakat bukanlah segala-galanya.. Siapapun bisa menjadi penulis asalkan mempunyai kemauan . Modal dari penulis lebih kepada keinginan dan usaha untuk mencapai level penulis yang diminati banyak orang. Menjadi penulis yang buku-bukunya dinanti banyak pembaca.
Modal untuk menjadi penulis menurut Naning Pranoto :
1. Tekad yang kuat untuk menjadi penulis. Kalau kita sudah mempunyai tekad maka halangan apapun dapat kita atasi. Setelah mempunyai tekad yang kuat disusul komitmen untuk memulai menulis secara terus menerus. Hal ini akan menjadi kebiasaan untuk menulis secara bertahap sehingga diharapkan menulis menjadi rutinitas. Jadikan menulis suatu rutinitas, misalnya sebelum tidur menyelesaikan satu artikel. Harus komitmen tiap hari menulis.
2. Banyak membaca dari berbagai sumber dan jenis bacaan. Kalau kita makin banyak membaca akan memperkaya warna tulisan kita dan akan membuat mudah dalam menulis. Dengan membaca menambah pengetahuan dan memperluas wawasan. Daya imajinasi dan motivasi dalam diri untuk bisa membuat buku akan terbentuk dengan banyak membaca. Dengan membaca maka akan dating ide-ide yang bisa menjadi tulisan. Setiap bacaan pasti akan ada ide yang bisa ditulis menjadi sebuah cerita. Dari sebuah cerita nanti akan terkumpul banyak cerita, sehingga bisa dijadikan buku solo.
3. Banyak bergaul. Banyak bergaul atau bersosialisasi, membuat kita akan mudah memahami kehidupan dan permasalahannya lebih baik lagi, membuat hasil tulisan kita semakin dekat dengan realitas masyarakat. Bahwa inspirasi tulisan juga bisa didapat dari permasalahan yang berada disekitar kita. Banyak silaturahmi dengan kawan lama akan mendapatkan ide tulisan dari yang teman ceritakan. Setiap teman pasti mempunyai cerita kehidupan yang berbeda-beda. Maka kita bisa merangkai kata untuk membuat sebuah tulisan.
4. Meningkatkan pembelajaran berbahasa dan kosakata Caranya dengan mempelajari kosakata dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kemudian membaca hasil tulisan orang lain / penulis senior yang akan membantu pemahaman kita dalam mengaplikasikan penggunaan kosakata yang di pelajari dalam suatu tulisan. Mempelajari kembali dasar dasar ketatabahasaan dari buku- buku Pelajaran Bahasa Indonesia, dan mempraktekkan langsung dengan menulis.
5. Memiliki sarana atau media untuk menulis, dapat berupa computer, laptop, handphone, buku dll. Usahakan untuk membiasakan menulis karena ide atau inspirasi datang kapan saja dan dimana saja. Sarana yang ada tiada guna kalau kita tidak mulai untuk menuis. Saat ada ide bisa ditulis dikertas selembar. Bisa juga ditulis di handphone. Setiap ide yang berserak langsung bisa ditangkap dengan menulisnya.
6. Mempunyai tekad untuk melahirkan karya
bermutu. Kita harus bertekad melahirkan karya-karya yang dapat bermanfaan bagi
orang lain. Kita harus mempunyai kemauan untuk menertbitkan buku dimulai dari
menulis buku antologi. Semakin sering menulis buku antologi maka akan
dihasilkan juga buku solo. Buku karya kita. Usahakan tekad untuk menghasilkan
karya terus kita pupuk sehingga akan konsisten dalam menulis. Mencintai pekerjaan
menjadi penulis dengan setiap hari berusaha mencari cara untuk bisa menerbitkan
buku
Sumber : Pak Cahyadi Takariawan
HAKEKAT GURU
HAKEKAT GURU Pengertian guru menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti orang yang mengajar. Jika profesinya mengajar baik di seko...
-
1. Suatu kombinasi dari setiap tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang dalam, atau untuk memperbaikinya sampai suatu kondis...
-
1. Berikut servis berkala sistem pendingin yaitu.... A. Penyetelan katup B. Tes tekanan kompresi C. Penggantian filter oli D. Pemeriksaa...
-
Soal Pilihan Ganda Gambar Teknik dan Jawabannya Sahabat blog semua, kita bertemu lagi dengan saya yang akan berbagi Soal dan jawaban ...