3 Guru harus menjadi teladan
Pak Ali seorang guru agama islam. Dalam mengajar pak Ali sangat didambakan oleh pesrta didik, karena apa yang diajarkan oleh pak Ali langsung diberikan contohnya. Keteladanan dari pak Ali sangat dirasakan oleh peserta didik, karena antara perkataan dan perbuatan pak Ali memang selaras. Seperti siang itu pak Ali memberikan contoh kepada peserta didik agar membiasakan diri untuk berwudhu sebelum membaca al-quran. Dengan mengajak dan mengajarkan tata cara berwudhu kepada peserta didik.. kemudian mengajak mereka sholat berjamah, berdoa sesudah sholat dan menumbuhkan rasa persaudaraa.. Demikian contoh sekilah guru harus menjadi teladan.
Kata Ki Hajar Dewantara guru itu digugu dan ditiru itu artinya segenap tindak-tanduknya akan senantiasa menjadi panutan bagi peserta didik maupun orang-orang disekelilingnya. Guru harus tampil sebagai teladan dengan kepribadian yang baik, perilaku yang mulia dan keluhuran. Tingkah laku guru harus mencerminkan kebaikan sementara kata-katanya jauh dari hal-hal yang sia-sia. Guru harus menampilkan sesuatu yang dikagumi peserta didik sambil diberikan arahan ketika menjadi teladan bagi peserta didik. Guru harus menjadi figure yang dicontoh bagi peserta didik.Berbuat sesuai yang dikatakan, bertingkah polah sopan, santun dan bijaksana serta menyenangkan orang-orang disekelilingnya.
Teladan sesungguhnya memiliki makna suatu dari proses mengajar hubungan dan interaksi selama proses pendidikan yang kemudian pada hari ini ini atau masa depan peserta didik menjadi contoh yang selalu ditiru dan di ikuti. Dalam sebuah proses belajar sadar atau tidak sadar maka perilaku seorang guru akan menjadi komunikasi penyampaian pesan paling efektif dan pengaruhnya sangat besar terhadap peserta didik perilaku inilah yang akan menjadi teladan bagi kehidupan sosial peserta didik Jika kita meneladani motivasi ajaran pendidikan Ki Hajar Dewantara maka seorang guru yang diteladani agar berbuah hal yang baik pada jiwa sikap dan perilaku peserta didik di masa yang akan datang maka guru mesti profesional dalam pengajaran dan hubungan sosial
Proses memindahkan segala keteladanan diri pengetahuan diri dan perilaku profesional seorang guru kepada peserta didik dibutuhkan teknik yang oleh Ki Hajar Dewantara disebut among yaitu mendidik dengan sikap asih, asah, asuh. Teknik among ini membutuhkan guru yang tidak hanya mampu mengajar tapi juga mampu mendidik. Pada posisi inilah guru harus menjadi motivator jika guru tidak bisa tampil sebagai suri teladan maka jangan diharapkan peserta didik akan menuruti apalagi melaksanakan nasehat yang bersangkutan. Jika dikaitkan dengan ajaran agama Islam guru harus dapat menjadi contoh teladan bagi peserta didiknya dalam perkataan perbuatan dan akhlaknya. Guru harus menjadi contoh dalam penunaian kewajiban kepada RabbNya, kepada rasulnya dan kepada masyarakatnya. Keteladanan dan tingkah laku yang mulia dari seorang guru adalah faktor penentu yang sangat kuat pengaruhnya dalam memperbaiki dan membentuk akhlak seseorang. Tingkah laku seorang guru harus merupakan realisasi dari apa yang diucapkan dan apa yang dianjurkan untuk dilakukan.
Lomba Blog Bulan Februari
Menulis Blog Jadi Buku
Tulisan hari ke 12
Penulis Agung Pramono